»

#1 of 3 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow 1. Uraian & Jenis Penangkal Petir

Petir merupakan fenomena alam yang dapat menimbulkan efek berupa kerugian bagi kehidupan. Kerugian tersebut dapat berupa fisik maupun material. Kerugian fisik mulai dari cacatnya anggota tubuh sampai pada kematian, sedangkan kerugian material lebih bervariasi mulai dari rusaknya properti ( gedung kantor, rumah, kendaraan ) sampai pada rusaknya peralatan - peralatan elektronik.

Saat ini ada 2 tipe sistem proteksi terhadap petir:

1. Sistem konvensional

2. Sistem elektrostatic ( E.S.E )



1. Sistem Konvensional
Sistem ini sudah lama dikenal. Dapat berfungsi dengan baik apabila seluruh aspek pemasangan dapat diperhatikan dengan baik, mulai dari sambungan kabel sampai kepada jumlah serta kondisi tombak penangkal petirnya. Standard yang biasa digunakan adalah British Standard dengan tinggi 1,2 meter tingkat proteksi 4<60>

Contohnya sebagai berikut:

1. Untuk tinggi bangunan sampai dengan 20 meter radius perlindungan adalah 45 derajat. Atau bila tinggi penangkal petir Konvensional = 1 meter maka radius menjadi 1  meter. Dengan demikian dibutuhkan 1 buah rod setiap 2 meter.

2. Untuk tinggi bangunan sampai dengan 30 meter radius perlindungan adalah 30 derajat. Atau apabila tinggi penangkal petir konvensional adalah 1 meter maka radius proteksinya menjadi 0,75 meter.

2. Sistem Elektrostatic, Early Streamer Emission ( E.S.E )
Sistem ini merupakan teknologi terkini, sering juga dikenal dengan sistem payung. Untuk pemasangan penangkal petir ini tidak terlalu rumit, cukup 1 kabel penghantar untuk setiap 1 penangkal petir. Untuk sistem groundingnya dapat menggunakan sistem integrasi untuk mencapai tahanan tanah yang sangat rendah.
Sistem kerja penangkal petir ini dengan berusaha untuk menarik lidah petir dari awan, dimana penangkal petir akan menciptakan kondisi lebih positif dari objek di sekitarnya ( seperti pohon, bangunan,mahluk hidup ) sehingga luncuran petir akan menuju ke penangkal petir tersebut, bukan objek lain disekitarnya.
Untuk teknologi E.S.E ( electrostatic ) ini negara Perancis merupakan negara yang paling populer dalam pengembangannya. Salah satu produknya adalah LEADER Lightning Protection buatan Delta Technology - France , sebagai agen tunggal adalah PT. Solusi Teknika.
LEADER sudah memenuhi standard dan bersertifikasi NFC 17 - 102 dan UNE 21 - 186 serta terbuat dari bahan 100% staniless steel sehingga cocok dipakai di Indonesia yang memiliki iklim tropis.
Pada umumnya penangkal petir harus memiliki kualitas yang baik dalam menghantarkan petir, oleh karena itu kualitas penangkal petir harus tahan terhadap korosi. salah satu bagian terkena korosi dapat menyebabkan turunnya kemampuan penangkal petir konvensional / electrostatic ini dalam menyalurkan arus petir ketanah.
Penangkal petir LEADER mempunyai 3 tipe:
1. LEADER 1 dengan radius proteksi hingga 90 meter
2. LEADER 2 dengan radius proteksi hingga 105 meter
3. LEADER 3 dengan radius proteksi hingga 120 meter