»

#3 of 5 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow 3. Sirkulasi Air Kolam Renang yang Efektif dan Efisien

Sirkulasi

Sedikit penjelasan tentang, Sirkulasi Air Kolam Renang yang Efektif dan Efisien

Air kolam renang dikatakan tersaring sempurna bila 100% air telah melewati filter. Jika kapasitas kolam renang 100 m3, maka proses filterisasi telah selesai setelah setiap tetes air tadi telah melewati filter pasir. Jadi bukan masalah berapa jam, berapa kali sehari atau penambahan bahan kimia seperti kaporit. Sia - sia saja rutin menjalankan pompa jika proses filter hanya menjangkau 50% area kolam renang.

Sistem sirkulasi air kolam renang yang benar

Sirkulasi kolam renang yang benar adalah air kotor disedot oleh pompa khusus kolam renang lalu dimasukkan ke dalam filter. Terakhir, air yang sudah bersih dialirkan kembali ke dalam kolam.

Jika sistem sirkulasi salah, maka air bersih yang sudah tersaring tadi tidak mendorong air kotor untuk diarahkan ke filter sehingga air kotor tetaplah kotor, sementara air yang masuk ke dalam filter adalah air bersih lagi. Seharusnya air yang bersih mendorong air kotor ke filter sehingga setiap tetes air telah melalui proses penyaringan.

Lamanya waktu mem-filter air kolam renang dapat dihitung secara sederhana dengan melihat kemampuan pompa serta luas kolam renang kita. Anggap saja kapasitas kolam renang yang kita buat 100 m3 dan kemampuan pompa kita 20 m3/jam. Waktu yang kita butuhkan untuk proses membersihkan kolam renang adalah 5-6 jam. Jika kita sudah menjalankan pompa selama waktu tersebut namun airnya tidak kunjung bersih maka itulah salah satu petunjuk sistem sirkulasi yang tidak benar .

Petunjuk lainnya adalah rontokan daun yang tidak terkumpul di saluran pembuangan, entah itu sistem skimmer atau sistem overflow. Saluran air bersih harus diarahkan ke saluran air kotor.

Ke mana daun terkumpul, ke situlah air bersih mendorongnya.

Mengenal Return Inlet

Return Inlet adalah peralatan seharga ribuan rupiah yang memiliki dampak besar terhadap biaya perawatan kolam renang yang kita buat. Jika tempat dan kedalamannya tepat maka kita akan menghemat biaya listrik, biaya air dan biaya maintenance. Sebaliknya, jika arahnya salah maka kita akan sering meng-kaporit kolam renang tersebut, memiliki kolam renang yang kotor dan airnya bau amis.

inlet

Return inlet harus diletakkan 30cm di bawah ketinggian air, bukan 30cm dari tinggi kolam. Hati-hati dengan teori 30cm ini. Jika kita menggunakan sistem overflow maka kita bisa mengukur dari ketinggian kolam, sedangkan kalau menggunakan sistem skimmer maka mulailah mengukur dari ketinggian air yang kita rencanakan.

Return inlet harus diarahkan ke saluran filter. Jika kolam renang yang kita buat berbentuk persegi panjang, return inlet dan skimmer harus ditempatkan di sisi yang berlawanan. Jika water inlet di kiri, maka water outlet harus di sisi kanan. Jika kolam renang kita berbentuk oval, maka posisi inlet dan outlet harus berbentuk segitiga. Idealnya untuk kolam renang model bulat menggunakan dua return inlet agar sirkulasi airnya sempurna.

 

Konsep Modern Inlet

Secara tradisional, return inlet diletakan 30 cm di bawah ketinggian air. Dan untuk mendapatkan kualitas air yang lebih baik idealnya air kolam renang dibuang 1/4 nya setiap beberapa kali penyaringan.

Sekalipun sistem sirkulasi kita sudah sempurna, namun hanya 60% saja air kolam renang yang bisa disaring oleh filter pasir kita. Tetapi jangan kuatir karena kita bisa menghemat pemakaian air hingga 80% dengan cara menaruh return inlet diatas dan dibawah kolam renang kita.

inlet detail

Benda apa saja yang berat jenisnya lebih besar dari air akan tenggelam ke dasar kolam. Jika letak return inlet kita di atas semua maka bagian dasar kolam renang akan tetap kotor karena tidak terdorong oleh semburan air bersih. Return inlet yang diletakkan di bagian bawah kolam renang akan mendorong kotoran ke atas sehingga mengefektikan proses penyaringan. Air kolam renang yang kita buat akan berputar melingkar dari bawah ke atas, ke arah water outlet. Dengan demikian interval penggantian air akan lebih lama.

 

Sunction Line

Sunction Line adalah saluran khusus yang fungsi utamanya membersihkan lantai dasar dan dinding kolam renang. Biasanya terletak di bagian tengah. Kita tidak mungkin mengosongkan air kolam renang dan menyikat dinding dan lantainya karena akan meningkatkan biaya. Membeli satu pompa lagi untuk tugas bersih-bersih ini juga bukan alternatif yang baik karena kita harus merawat dua buah pompa.

Sunction Line

Cara yang benar untuk membersihkan kotoran yang menempel di dinding dan lantai kolam renang adalah menyediakan satu saluran sunction lini ini sebelum kita membangun kolam renang. Karena itu perencanaan yang baik di depan akan sangat menghemat biaya maintenance di kemudian hari.

Investasi yang kita keluarkan untuk membersihkan sisa kotoran yang tidak terjangkau oleh filter cukup murah, yaitu :

- 1 buah tongkat teleskopik aluminium

- 1 set sikat

- 1 set selang khusus

- 1 buah Sunction Head

suction line-2

Selang untuk Sunction Line berbeda dengan selang yang dijual di pasaran karena kedua ujungnya memiliki kepala selang. Ujung yang satu kita pasang di Sunction Line sementara ujung lainnya kita pasangkan di kepala sikat. Tergantung sisi mana dulu yang akan kita bersihkan dan seberapa parah kondisi kolam renang tersebut.

Idealnya, proses membersihkan kolam renang dimulai dari dinding ke lantai, dari atas ke bawah, dari pinggir ke tengah, dari yang paling kotor dulu. Gunakan 18" Wall Brush kami karena ukurannya pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pegangannya pun enak dan ringan. Setelah semua dinding telah kita bersihkan, mulailah membersihkan lantai kolam renang kita.

Jika di beberapa tempat ditumbuhi lumut, maka gunakan Flexible Vacuum Head untuk mencabut lumut dengan sempurna, sampai ke akar-akarnya. Mulailah dari area terkotor dulu baru ke area lainnya. Sebaliknya, jika lantai kolam renang kita sudah cukup bersih, kami ucapkan selamat kepada kita, hebat ! Gunakan Deluxe Line Vacuum untuk menyedot sisa-sisa kotoran yang tertinggal.

section line-3