- NEWS INFO

Balada BUMN Serakah Bikin Vendor Buntung

SHORT DESC.

Jakarta, Jumat, 09 Apr 2021 08:35 WIB, Deden Gunawan - detikFinance - Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) kembali mengeluhkan lambatnya pembayaran hasil kerja mereka oleh sejumlah BUMN karya. Akibatnya banyak kontraktor lokal yang masuk kategori Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bangkrut.

Menurut Sekjen Gapensi Andi Rukman N Karumpa mengakui semua tagihan ke BUMN oleh vendor atau subkontraktor di daerah itu pasti akan dibayar oleh BUMN, sekalipun terjadi pergantian direksi. Hanya saja penyelesaiannya sangat lama, bisa bertahun-tahun.

"Yang kita kesal itu di masa pandemi covid seperti ini, lagi susah, kok masih tega terlambat membayar. Jadi teman-teman di daerah itu bukannya dapat untung tapi buntung," jelas Andi kepada tim blak-blakan detikcom, Kamis (8/4/2021).

Idealnya, dia melanjutkan, pembayaran kepada para kontraktor lokal bisa segera dilakukan berdasarkan progres fisik yang telah dikerjakan. Umumnya ada tiga tahap pembayaran yakni penagihan saat pembangunan fisik sudah mencapai 50 persen dibayar 30 persen dari nilai kontrak. Jika sudah 80 persen dibayar 50 persen, dan jika sudah selesai dibayar 80 persen bisa dibayar.

"Sementara 20 persen pembayarannya silahkan ditahan untuk retensi," ujar Andi Rukman.

Tapi sejatinya masalah mangkraknya pembayaran dari BUMN ini lantaran sistem yang terpusat. Jadi disposisinya ada di pusat sehingga kalau pusat menahan-nahan pembayaran maka kontraktor lokal yang jadi korban.

Keterlambatan pembayaran itu akibat arus kas di BUMN pun kosong, karena mereka terlalu dipaksa untuk membangun berbagai infrastruktur. Sejatinya BUMN-BUMN itu juga menjerit karena mereka sendiri belum dibayar oleh pemerintah.

"Ada juga beberapa BUMN yang serakah, meski arus kas tidak bagus tapi caplok proyek kiri-kanan, lalu banting harga," ujarnya.

Untuk mencari solusi terkait isu tersebut, Gapensi akan membicarakannya kembali Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono.
Pada bagian lain, Andi Rukman N Karumpa mengingatkan soal pentingnya menyiapkan industri lokal terkait material dalam rencana pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Apa maksudnya pembangunan itu harus meniru Kuala Kencana di Papua?

Simak selengkapnya di Blak-blakan detikcom, "BUMN Serakah Telat Bayar Vendor" sekarang.

Bank Mandiri Kucurkan Kredit Rp 2,45 Triliun ke Hutama Karya untuk Pembiayaan Proyek & Mitranya

SHORT DESC.

Penulis Rully R. Ramli | Editor Ambaranie Nadia Kemala Movanita

JAKARTA, KOMPAS.com 09/12/2021, 17:07 WIB - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati kerja sama pembiayaan senilai total Rp 2,45 Triliun ke Hutama Karya (Persero) untuk Pembiayaan Proyek dan Mitra Kontraktornya"

Dari nilai pembiayaan tersebut, sebesar Rp 2,2 triliun merupakan limit kredit modal kerja yang diberikan kepada Hutama Karya dengan masa pinjaman 12 bulan untuk membiayai proyek-proyek yang sedang digarap.
Sedangkan, Rp 250 miliar lainnya merupakan limit pembiayaan bagi mitra supplier atau kontraktor Hutama Karya yang menggunakan skema invoice financing sebagai underlying.

"Inisiatif pembiayaan value chain ini diharapkan dapat membantu supplier atau sub kontraktor dari Hutama Karya dalam mendapatkan percepatan penerimaan pembayaran sehingga meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pekerjaan proyek," ujar SVP Corporate Banking Bank Mandiri, Budi Purwanto, dalam keterangannya, Kamis (9/12/2021).
Budi menilai, kerja sama itu selaras dengan komitmen perseroan dalam mendukung sektor bisnis menengah mendapatkan akses permodalan, khususnya di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional.
Ia menyebutkan, meskipun limit yang disepakati untuk pembiayaan mitra atau kontraktor Hutama Karya sebesar Rp 250 miliar, Bank Mandiri tidak menutup kemungkinan adanya penambahan limit.

"Seiring dengan berkembangnya kerja sama antara kedua perusahaan. Kami pun siap untuk mendukung rencana-rencana bisnis strategis lain Hutama Karya maupun group usaha lain dari Hutama Karya," tutur dia.
Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Hutama Karya Hilda Savitri menjelaskan, kerja sama antara perseroan dan Bank Mandiri merupakan sinergi yang penting dalam rangka mendukung keuangan para supplier dan sub kontraktor.

"Dengan adanya dukungan dari Bank Mandiri ini, semoga para supplier dan sub kontraktor dari Hutama Karya dapat memanfaatkannya dalam rangka menjaga likuiditas perusahaan serta meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan proyek dengan Hutama Karya," ucap dia.

Mekarsari GH Coridor

SHORT DESC.

Coridor Mekarsari Guest House

Coridor Mekarsari Bali Guest House, sangat luas sehingga menambah kenyamanan anda, di setiap lantai coridor kami pasang router wifi sehingga semua area bisa terjangkau dengan jaringan wifi.



Mekarsari GH Front

SHORT DESC.

Area Parkir Luas

Mekarsari Bali Guest House memiliki area parkir sangat luas, untuk area halaman dalam dan area halaman luar. Keamanan parkir kendaraan anda kami jamin karena di setiap sudut bangunan luar kami pasang CCTV dan apabila anda ingin bisa ikut memantau melalui handphone android anda akan kami settingkan sehingga anda bisa memantau dari mana saja.

Penataan halaman Mekarsari Bali Guest House sangat rapi dan sejuk karena kami tanami bunga - bunga di setiap pingir halaman. Di tambah lagi dengan bangunan back drop yang berfungsi juga sebagai air terjun buatan yang menambah suasana jadi nyaman karena ada kemericik air.

Room Order

Mekarsari GH Inside

SHORT DESC.

Ruangan Kamar Mekarsari Bali Guest House

Kami sengaja membuat 2 type kamar, yaitu :

a. Type Standar, type ini kami siapkan untuk tamu yang mau menyewa bulanan.

Fasilitas di dalamnya :

- Air Conditioner (AC)                              

- Shower

- TV LED                                                

- Closed Duduk

- Spring bed

- Water Heater (additional fee)

- Meja Rias + Cermin

- Meja dinding

- Free : Wi-Fi

b. Type VIP, Type ini kami siapkan untuk tamu yang menyewa harian dan mingguan.

Fasilitas di dalamnya :

- Air Conditioner (AC)

- Shower

- TV LED

- Closed Duduk

- Spring bed

- Water Heater (additional fee)

- Kulkas  

- Bath Tube

- Meja Rias + Cermin

- Meja dinding

- Free : wi-Fi dan Pulsa listrik

Pemesanan Kamar, KLIK DI SINI...


Rate Mekarsari Bali Guest House

Loading