- ULASAN ILMU MEP

Urut berdasarkan

1. Cara Cepat Instal Telepon/PBX/PABX

1. Cara Cepat Instal Telepon/PBX/PABX

Pekerjaan Telepon biasanya dibagi menjadi dua bagian:
1. Instalasi
2. Peralatan Utama + Programming

detail

1. ELEVATOR/LIFT

1. ELEVATOR/LIFT

RIWAYAT ELEVATOR/LIFT

Elevator penumpang pertama dipasang oleh Otis di New York pada tahun 1857. Setelah meninggalnya Otis pada tahun 1861, anaknya, Charles dan Norton mengembangkan warisan yang ditinggalkan oleh Otis dengan membentuk Otis Brothers & Co., pada tahun 1867.

Pada tahun 1873 lebih dari 2000 elevator Otis telah dipergunakan di gedung-gedung perkantoran, hotel, dan department store di seluruh Amerika, dan lima tahun kemudian dipasanglah elevator penumpang hidrolik Otis yang pertama.Berikutnya adalah era Pencakar Langit.

Pada tahun 1889 Otis mengeluarkan mesin elevator listrik direct-connected geared pertama yang sangat sukses.

Pada tahun 1903, Otis memperkenalkan desain yang akan menjadi “tulang punggung” industri elevator,yaitu : elevator listrik gearless traction yang dirancang dan terbukti mengalahkan usia bangunan itu sendiri. Hal ini membawa pada berkembangnya jaman struktur-struktur tinggi, termasuk yang paling menonjol adalah Empire State building dan World Trade Center di New York, John Hancock Center di Chicago dan CN Tower di Toronto.

Selama bertahun-tahun ini, beberapa dari inovasi yang dibuat oleh Otis dalam bidang pengendalian otomatis adalah Sistem Pengendalian Sinyal, Peak Period Control, Sistem Autotronik Otis dan Multiple Zoning. Otis adalah yang terdepan di dunia dalam pengembangan teknologi komputer dan perusahaan tersebut telah membuat revolusi dalam pengendalian elevator sehingga tercipta peningkatan yang dramatis dalam hal waktu reaksi elevator dan mutu berkendara dalam elevator.

detail

1. Jenis - Jenis Air Conditioner (AC)

ac split
Menurut jenisnya AC yang biasa dipasang dari suatu gedung yaitu:
  • AC Split Wall
  • AC Cassette
  • AC Split Duct
  • AC Floor Standing
  • AC VRV
  • AC AHU
detail

1. PEMADAM KEBAKARAN

1. PEMADAM KEBAKARAN

Sistem pemadam kebakaran atau sistem fire fighting disediakan di gedung sebagai preventif (pencegah) terjadinya kebakaran. Sistem ini terdiri dari sistem sprinkler, sistem hidran dan Fire Extinguisher. Dan pada tempat-tempat tertentu digunakan juga sistem fire gas.Tetapi pada umumnya sistem yang digunakan terdiri dari: sistem sprinkler, hidran dan fire extinguisher.

Ada 3 pompa yang digunakan dalam sistem sprinkler dan Hydran, yaitu elektrik pump, diesel pump dan jockey pump. Jockey pump berfungsi untuk menstabilkan tekanan di instalasi, dan secara otomatis akan bekerja apabila ada penurunan tekanan. Dan jika ada head sprinkler yang pecah atau hydran digunakan, maka yang bekerja secara otomatis pompa elektrik bekerja, dan secara otomatis pula jockey pump akan berhenti bekerja. Pompa elektrik pump (atau elektrik pump) merupakan pompa utama yang bekerja bila head sprinkler atau hydran digunakan. Sedang pompa diesel merupakan pompa cadangan, jika pompa elektrik gagal bekerja selama 10 detik, maka secara otomatis pompa ini akan bekerja.

detail

1. Pengertian Kuat Arus Listrik

1. Pengertian Kuat Arus Listrik

Arah Arus Listrik

Listrik pertama kali tercatat di alam lebih dari empat ribu tahun yang lalu, sebagaimana dibuktikan dalam tulisan-tulisan Yunani dan Mesir kuno. William Gilbert, pada tahun 1600, pertama kali mendokumentasikan.

detail

1. SISTEM PLUMBING GEDUNG

1. SISTEM PLUMBING GEDUNG

Sistem plumbing adalah suatu pekerjaan yang meliputi sistem pembuangan limbah / air buangan (air kotor dan air bekas), sistem venting, air hujan dan penyediaan air bersih. Jadi secara sederhana sistem plumbing dalam suatu gedung biasanya terdiri dari:
1. Sistem instalasi air kotor
2. Sistem instalasi air bekas
3. Sistem instalasi venting
4. Sistem instalasi air hujan
5. Instalasi drain (drain AC dan drain sprinkler)
6. Instalasi sistem penyediaan air bersih

detail

1. Tata Cara Membuat Kolam Renang

1. Tata Cara Membuat Kolam Renang

Apabila membuat sebuah kolam renang, harus survey dulu lokasi dimana kolam renang yang akan di buat, adapun survey tersebut meliputi sebagai berikut :


a) Ukurlah luas tanah yang tersedia, kemudian gambarkan layout tanah yang akan di buatkan kolam renang.

b) Cari tahulah riwayat tanah tersebut, apakah tanahnya tanah asli atau tanah urugan. Hal ini berguna untuk menentukan daya dukung tanah terhadap beban kolam renang yang berdiri diatas tanah tersebut. Jika riwayat tanah adalah bekas sawah yang diurug menjadi perumahan maka kita bisa memperkuat pondasi dan strukturnya.

c) Design kolam renang sesuai dengan layout kolam renang dan tentu dengan selera owner.

d) Koordinasikan dengan owner tentang selera dan sistim kolam renang yang akan dirancang.

detail

1. Uraian & Jenis Penangkal Petir

Petir merupakan fenomena alam yang dapat menimbulkan efek berupa kerugian bagi kehidupan. Kerugian tersebut dapat berupa fisik maupun material. Kerugian fisik mulai dari cacatnya anggota tubuh sampai pada kematian, sedangkan kerugian material lebih bervariasi mulai dari rusaknya properti ( gedung kantor, rumah, kendaraan ) sampai pada rusaknya peralatan - peralatan elektronik.

Saat ini ada 2 tipe sistem proteksi terhadap petir:

1. Sistem konvensional

2. Sistem elektrostatic ( E.S.E )

detail

1. Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)

1. Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)

Hasil gambar untuk water treatment plant adalah

Kali ini kami akan membahas tentang "Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)", yang merupakan bangunan atau konstruksi pokok dari sistem pengolahan air bersih. Di dalam pengolahan air bersih secara umum terdapat 3 bangunan atau konstruksi, yaitu: Intake, Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA), dan Reservoir.

detail

2. DESAIN PLUMBING

2. DESAIN PLUMBING

Ketika kita akan memulai mendesain sistem plumbing dalam suatu gedung, setidaknya kita harus mendesain item sebagai berikut:
Mendesian sistem penyediaan air bersih, termasuk penyediaan air panas pada apartemen atau hotel jika diperlukan.
Mendesain sistem penyaluran air buangan dan vent
Mendesain ground tank, roof tank dan pompa yang digunakan
Menghitung Bill of Quantity (BQ) dan rencana anggaran biaya

detail