- ULASAN ILMU MEP » 1. Electrical

Urut berdasarkan

1. Pengertian Kuat Arus Listrik

Arah Arus Listrik

Listrik pertama kali tercatat di alam lebih dari empat ribu tahun yang lalu, sebagaimana dibuktikan dalam tulisan-tulisan Yunani dan Mesir kuno. William Gilbert, pada tahun 1600, pertama kali mendokumentasikan.

detail

 

2. Panel LVMDP

LVMDP Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama PUTR atau Panel Utama Tegangan Rendah

Merupakan induk kendali atau pusat kendali power dalam satu bangunan, baik bangunan tersebut berupa perkantoran, pergudangan, apartement, hotel, pabrik, ataupun tempat tinggal. Disebut pusat kendali power karena sebelum power / tenaga listrik didistribusikan pada setiap pemakaian, power akan diolah dan dikontrol dari induk power atau lebih dikenal dengan nama Panel ( LVMDP atau PUTR ).

detail

 

3. Standarisasi Dia. Kabel Fidder Listrik

Sumber :

SPLN - Standar PLN
AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia)

Note : ukuran cross section kabel size dalam ø mm (jarak)atau mm² (area) ?

detail

 

4. Sertifikasi Produk (SNI/SPM)

Sertifikasi produk  merupakan salah satu lingkup bisnis PLN JASER yang lebih dikenal sebagai kegiatan Sistem Pengawasan Mutu (SPM). Kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 1975 pada saat lembaga ini berstatus sebagai Pusat Penyelidikan Masalah Kelistrikan (PPMK). Sistem Pengawasan Mutu dimaksudkan untuk menjaga agar peralatan listrik yang diproduksi/dijual kepada PLN adalah peralatan listrik yang sudah memenuhi persyaratan teknis sebagai sertifikasi pihak kedua sehingga keselamatan umum dapat terjamin.

Logo <> LMK<> tercetak pada produk-produk peralatan listrik yang telah diawasi mutunya oleh PLN JASER dan telah memenuhi persyaratan serta spesifikasi teknis tertentu menurut standar yang berlaku. Selain itu PLN Jaser juga menerbitkan tanda Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk : Kabel Listrik, Sakelar, Tusuk Kontak, Kotak Kontak dan MCB.

detail

 

5. Komponen Komponen Pada Panel

Komponen Panel Listrik
Berikut ini adalah komponen komponen utama pada panel yaag sering digunakan, yang akan diuraikan sesuai dengan fungsi panelnya:
1. Komponen Panel Secara Umum
Komponen utama panel secara umum, terdidi dari: MCCB,MCB, ELCB, Grounding, CT, Surge Arrest.
a. MCCB
MCCB singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker, merupakan alat pengaman yang dalam proses operasinya mempunyai dua fungsi yaitusebagai pengaman dan sebagai alat penghubung. Jika dilihat dari segi pengaman, makaMCCB dapat berfungsi sebagai pengaman gangguan arus hubung singkat dan arus bebanlebih. Pada jenis tertentu, pengaman ini mempunyai kemampuan pemutusan yang dapat diatur sesuai dengan yang diinginkan.

detail

 

6. Sistem Instalasi Busduct

1. Pengenalan tentang busduct


Busduct adalah: Pengahantar listrk yang terdiri lempengan busbar yang terbuat dari Allumunium atau tembaga, yang tersusun tiap phasanya R,S,T,N ( 4 way)dan ground.
dimana antara phasa sudah di proteksi oleh isolator mika ,yang tahan pada temperatur 130 C ,tahan panas saat operasional busduct dengan arus maximum,
Untuk perhitungan ground busduct = 1per 16inc terhadap busbar utamauntuk Netral(nol) 50% trhadap basbar utama.

Keuntungan yang jelas sekali adalah dimensi busduct yang simple dan pemasangan yang sangat mudah,sistem knoukdown ( bongkarpasang),
perlu diketahui untuk perhitungan busduct memakai satuan Inc dan Feet jadi harus di compere dulu ke milimeter
Sama seperti kabel , busduct juga dapat di pakai pada tegangan rendah,medium dan hight volt.
Perbedaan nya adalah sbb:

detail

 

7. Klasifikasi Saluran Transmisi Berdasarkan Tegangan

Selama ini ada pemahaman bahwa yang dimaksud transmisi adalah proses penyaluran energi listrik dengan menggunakan tegangan tinggi saja. Bahkan ada yang memahami bahwa transmisi adalah proses penyaluran energi listrik dengan menggunakan tegangan tinggi dan melalui saluran udara (over head line). Namun sebenarnya, transmisi adalah proses penyaluran energi listrik dari satu tempat ke tempat lainnya, yang besaran tegangannya adalah Tegangan Ultra Tinggi (UHV), Tegangan Ekstra Tinggi (EHV), Tegangan Tinggi (HV), Tegangan Menengah (MHV), dan Tegangan Rendah (LV).

detail

 

8. Generator Set (Genset)

http://www.dibaliku.com/image-upload/IMG_20170930_153429-2-.jpg

Fungsi dan Pengertian Genset serta Kegunaanya Perlu Anda Ketahui

Kita semuanya tentunya sempat ada di kondisi waktu listrik padam. Yah, umumnya pemadaman listrik ini dikerjakan dengan mendadak tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu. Pasti dengan padamnya listrik ini bisa memengaruhi kemampuan serta pendapatan seorang dalam hitungan hari bahkan juga jam. Dengan kondisi yang begini, jadi beragam pihak terlebih entrepreneur memakai alternatif beda supaya kemungkinan kerugian tidak mendatangi mereka. Alternatif dengan memakai gensetlah sebagai pilihan jadi jalan keluar dari pemadaman listrik.

detail

 

9. AMF & ATS PANEL (Automatic Mains Failure & Automatic Transfer Switch)

ATS AMF PANEL

Pengertian dan Fungsi Panel Listrik ATS AMF

Dalam dunia kelistrikan di kenal yang namanya panel listrik dengan tipe ATS ~ AMF yaitu merupakan instrumen kelistrikan yang memiliki fungsi vital dan bekerja secara otomatis di kala aliran arus listrik dari PLN terputus tiba~tiba, mungkin banyak yang masih awam dengan apa itu panel listrik. ATS~AMF, keingin tahuan anda tentang panel penyelamat di kala listrik padam ini akan saya jelaskan lebih spesisifik berikut ini.

detail