berhasil ditambahkan ke keranjang.

- ULASAN ILMU MEP » 4. Air conditioning (AC)

Urut berdasarkan

1. Jenis - Jenis Air Conditioner (AC)

ac split
Menurut jenisnya AC yang biasa dipasang dari suatu gedung yaitu:
  • AC Split Wall
  • AC Cassette
  • AC Split Duct
  • AC Floor Standing
  • AC VRV
  • AC AHU
detail

 

2. Sistem Air Conditioner (AC)

Kenyamanan dalam suatu ruangan diperkantoran atau rumah, merupakan kebutuhan, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis (panas). Karena itu system pendingin udara atau system tata udara (system AC) telah menjadi kebutuhan di gedung-gedung perkantoran, mall / plaza, bandara, rumah dan lain-lain.
Diantara fungsi dari sistem tata udara / air conditioning adalah:
Mengatur suhu udara
Mengatur sirkulasi udara
Mengatur kelembaban (humidity) udara
Mengatur kebersihan udara

detail

 

3. Hitung Daya Air Conditioner (AC)

Gambar terkait

Dalam menghitung kapasitas AC kita harus tahu dulu satuan daya pendinginan AC yang di sebut BTU/hours BTU per jam) atau disingkat BTU/hr. BTU/h singkatan dari British thermal unit per hour, satuan daya pendinginan AC yang berasal dari inggris. Sedang PK (Paard Krcht) atau HP (horse power) yang berarti satuan tenaga kuda, yang dipergunakan dalam sistem AC merujuk pada daya kompressor AC, bukan menunjukan kapasitas pendinginan AC. Untuk daya pendinginan AC satuannya adalah BTU/h.
detail

 

4. Ducting

Apa itu ducting ?

Ducting merupakan bahasa ingris yang kalau di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah penyaluran pipa.

Dan jika di jabarkan kira-kira adalah bahan atau material yang digunakan untuk mengarahkan atau menyalurkan udara atau lainya ke arah tertentu dengan mempertimbangkan tiap-tiap tujuan akhir tersebut manjadi bagian beban terhadap dimensi atau diameter media penyalur pada sepanjang perjalanan hingga titik akhir beban tersebut keluar dari media penyalur.

detail

 

5. Mendesain penggunaan exhaust fan atau ceiling fan dalam ruangan

Dalam memilih exhaust fan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah luas ruangan dan fungsi dari ruangan tersebut

Spesifikasi exhaust fan  yang harus diperhatikan yaitu:
  • Konsumsi listrik (watt).
  • RPM yaitu rotation per minute atau putaran kipas per menit. Semakin tinggi RPM, semakin cepat sebuah exhaust fan menarik udara.
  • Noise atau tingkat keberisikan suara exhaust fan dalam satuan desibel (db).
  • Air volume, yaitu volume udara yang mampu ditarik oleh exhaust fan. Volume udara biasanya ditulis dalam satuan CFM (Cubic Feet per minute) atau CMM (meter kubik per menit) atau CMH (meter kubik per jam).
detail

 

6. Prinsip Kerja Penyejuk Udara Type Split VRV

Beberapa kemajuan teknologi dibidang penyejuk udara antara lain adalah sistem split VRV. Vrv adalah kependekan dari Variable Refrigerant Volume. Pengertian dari variable disini adalah tidak konstan atau tetap karena volume yg bersikulasi di dalam pipa tembaga akan selalu berubah tekanannya tergantung dari kebutuhan pendinginannya. Ada banyak perbedaan mendasar dari sistem pendahulunya yaitu ac split diantarannya adalah sistem pemipaan, kompressor dan instalasi di lapangan. Dari segi biaya ac type VRV sangat jauh berbeda dengan ac split biasa jauh lebih mahal salah satu faktor yang membuat ac VRV lebih mahal adalah sistem kerja kompresor dan sistem pemipaannya. Beberapa pertimbangan bila ingin memutuskan menggunakan type VRV diantaranya.

detail

 

7. Remote Ac Universal : Merk Chunghop type K-1028E

Akan menjadi masalah bila lupa menaruh remote AC. sekarang ada produk Chunghop remote universal. sangat cocok untuk perangkat AC yang remotenya rusak atau ingin punya remote tambahan. bisa untuk semua merek AC di dunia.

detail