berhasil ditambahkan ke keranjang.

- ULASAN ILMU MEP » 9. Swimming Pool

Urut berdasarkan

1. Tata Cara Membuat Kolam Renang

1. Tata Cara Membuat Kolam Renang

Apabila membuat sebuah kolam renang, harus survey dulu lokasi dimana kolam renang yang akan di buat, adapun survey tersebut meliputi sebagai berikut :


a) Ukurlah luas tanah yang tersedia, kemudian gambarkan layout tanah yang akan di buatkan kolam renang.

b) Cari tahulah riwayat tanah tersebut, apakah tanahnya tanah asli atau tanah urugan. Hal ini berguna untuk menentukan daya dukung tanah terhadap beban kolam renang yang berdiri diatas tanah tersebut. Jika riwayat tanah adalah bekas sawah yang diurug menjadi perumahan maka kita bisa memperkuat pondasi dan strukturnya.

c) Design kolam renang sesuai dengan layout kolam renang dan tentu dengan selera owner.

d) Koordinasikan dengan owner tentang selera dan sistim kolam renang yang akan dirancang.

detail

2. Pengerjaan Kolam Renang

2. Pengerjaan Kolam Renang

Pengerjaan Kolam Renang

Hasil gambar untuk kolam renang

1. Pengalian tanah sesuai dengan kedalaman dan bentuk kolam renang.

2. Bowplanklah kolam tersebut supaya dapat menentukan kedalaman galian yang diinginkan dan ukur yang akan dibuat kolam renang tersebut.

3. Kita ratakan galian tanah tersebut menyerupai bentuk dan kedalaman designnya.

4. Sisakan sekitar 25 centimeter lebih dalam dari design kedalaman air kolam, jika diinginkan tebal plat lantai 15 cm. Misalnya kolam dirancang dengan kedalam 2 meter maka harus menggali dan meratakannya pada kedalaman 2 meter 25 centimeter.

5. Padatkan tanah tersebut dengan menumbuknya dengan kayu yang rata atau benda apapun yang dapa memadatkan tanah tersebut dengan Stamper lebih bagus lagi.

detail

3. Sirkulasi Air Kolam Renang yang Efektif dan Efisien

3. Sirkulasi Air Kolam Renang yang Efektif dan Efisien

Air kolam renang dikatakan tersaring sempurna bila 100% air telah melewati filter. Jika kapasitas kolam renang 100 m3, maka proses filterisasi telah selesai setelah setiap tetes air tadi telah melewati filter pasir. Jadi bukan masalah berapa jam, berapa kali sehari atau penambahan bahan kimia seperti kaporit. Sia - sia saja rutin menjalankan pompa jika proses filter hanya menjangkau 50% area kolam renang.

Sirkulasi kotoran di kolam renang

detail

4. Tahapan Akhir Pekerjaan

4. Tahapan Akhir Pekerjaan

a. Treatment awal

Pekerjaan setelah treatment awal setelah pengisian air yaitu dengan :

1. Memasukan kaporit 60% ke dalam saluran skimmer (pastikan mesin dalam keadaan mati).

2. Tambahkan trussi (algesit) sebanyak 1 kg, pac 1 kg, soda ash 1 kg, dan tawas 6kg.

3. Setelah semua tercampur atau bereaksi handle filter posisikan ke filter dan nyalakan mesin selama max 24 jam / kurang dari 24 jam( biasanya untuk awal 8 jam).

4. Esok harinya setelah kotoran mengendap vaccum kolam renang dengan vaccum hosu yang sudah di sediakan dengan memastikan handle filter dalam kondisi waste).

detail

5. Perawatan Kolam Renang Menunjang Kualitas Dan Fungsi

Menurut keilmuan yang biasanya melatarbelakangi sebuah kontraktor kolam renang yang ada di Indonesia, 4 (empat) hal penting sebagai sebuah acuan dasar baik buruknya kualitas kolam renang adalah:

   1. System Mecanical

   2. System Electrical

   3. System Plumbing

   4. System Contructional

Sebuah perawatan kolam renang yang baik seharusnya mampu mempertahankan kualitas kondisi dan fungsional yang maksimal dari ke empat sistem yang terdapat pada operasional kolam renang. Namun yang paling utama adalah perawatan pada isi kolam renang. Karena merupakan garis besar dari keseluruhan sebuah perawatan.

detail