- ULASAN ILMU SIPIL » 3. Construction

Urut berdasarkan

arrow product 1. Construction

1. Construction

Jika orang biasa menyebutkan teknik sipil, inilah yang biasanya mereka pikirkan. Konsentrasi di bidang konstruksi biasanya akan melakukan hal seperti membuat jadwal konstruksi, kapan truk beton harus datang dan kapan mereka harus menuang, melihat apakah kualitas beton yang dituang memadai standar, dll.

arrow product 2. Perencanaan Beton Bertulang

2. Perencanaan Beton Bertulang

Perencanaan Beton Bertulang

Beton bertulang adalah suatu bahan material yang terbuat dari beton dan baja tulangan. Kombinasi dari kedua material tersebut menghasilkan bahan bangunan yang mempunyai sifat-sifat yang baik dari masing-masing bahan bangunan tersebut. Ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Beton mempunyai sifat yang bagus, yaitu mempunya kapasitas tekan yang tinggi. Akan tetapi, beton juga mempunyai sifat yang buruk, yaitu lebah jika dibebani tarik. Sedangkan baja tulangan mempunyai kapasitas yang tinggi terhadap beban tarik, tetapi mempunyai kapasitas tekan yang rendah karena bentuknya yang langsing (akan mudah mengalami tekuk terhadap beban tekan). Namun, dengan menempatkan tulangan dibagian beton yang mengalami tegangan tarik akan mengeliminasi kekurangan dari beton terhadap beban tarik. Demikian juga bila baja tulangan ditaruh dibagian beton yang mengalami tekan, beton disekeliling tulangan bersama-sama tulangan sengkan akan mencegah tulangan mengalami tekuk. Demikianlah penjelasan tentang mengapa kombinasi dari kedua bahan bangunan ini menghasil bahan bangunan baru yang memiliki sifat-sifat yang lebih baik dibanding sifat-sifat dari masing-masih bahan tersebut sebelum digabungkan. Berikut kita akan paparkan sesuatu yang berhubungan dengan bahan bangunan beton dan tulangan baja.

detail

arrow product 3. Statika Pengenalan Mekanika teknik

3. Statika Pengenalan Mekanika teknik

Statika Pengenalan Mekanika teknik

Statika adalah salah satu cabang dari mekanika teknik yang berhubungan dengan analisis gaya-gaya yang bekerja pada sistem struktur yang dalam keadaan diam/statis dan setimbang. Gaya-gaya yang dimaksud disini pada umumnya termasuk gaya itu sendiri dan juga momen. Di dalam statika, sistem struktur diidealisasikan/dianggap sangat kaku sehingga pengaruh dari lendutan tidak diperhatikan. Ilmu statika umumnya merupakan salah satu mata kuliah bidang teknik pertama yang diberikan di level universitas. Prinsip-prinsip yang dipelajari dalam statika cukup mendasar dan mudah dipahami,

detail

arrow product 4. Pengertian Psi dalam satuan tekanan

4. Pengertian Psi dalam satuan tekanan

Pengertian psi

Pengertian psi, “psi” adalah kependekan dari Pounds per Square Inch artinya kekuatan tekanan per inchi persegi, psi bisa disebut juga lb/in2, pfsi atau lbf/in2. Satuan psi sudah umum dan banyak dipakai untuk satuan pengukur tekanan terutama di kawasan Eropa dan Amerika. 1 psi adalah sama dengan 6.894,76 pascal.

Di Amerika satuan ukuran psi merupakan satuan unit primer untuk satuan tekanan  hampir semua instrumen tekanan yang ditentukan dengan pound per inchi persegi. Di Inggris meskipun masih masih menggunakan satuan psi namun satuan bar mulai menggantikan posisinya sebagai unit satuan tekanan yang utama.

detail